Untuk Kaum Milenial Inilah Cara Cepat Punya Rumah

Untuk Kaum Milenial Inilah Cara Cepat Punya Rumah – Memang menjadi tantangan sendiri dalam hal mengatur keuangan itu, khususnya pada kaum milenial. Pasalnya, sangat menghabiskan biaya yang tinggi dengan banyak sekali godaan atas nama lifestyle.

Tidak hanya bisa dinikmati saat ini manfaat menabung, tetapi di kemudian hari juga dapat bermanfaat. Untuk kaum milenial, tidak sesulit yang anda bayangkan faktanya mengelola gaji bulanan itu mudah. Coba deh, ikuti tips beberapa dasar ini guna membantu anda sukses dalam menabung.

Mencatat Pemasukan Serta Pengeluaran Bulanan

Mencatat pemasukan serta pengeluaran bulanan merupakan hal pertama yang harus anda lakukan. Perihal ini harus dilakukan untuk mengetahui secara mendetail jumlah dana yang bisa anda sisihkan untuk menabung dengan tepat.

baca juga: Punya Rumah Sendiri Itu Bahagia

Wajib dicatat pengeluaran yang termasuk untuk belanja, pembelian pulsa, makan, dan sebagainya.

Lebih Dulu Menabung

Biasakan terlebih dahulu menyisihkan dana tabungan, sebelum menggunakan uang untuk segala pengeluaran bulanan.

Agar aliran keluar masuk dana anda tidak terganggu sehingga uang tabungan harus membutuhkan rekening tambahan yang terpisah. Setelah dari menabung, anda barulah bisa untuk pembayaran rutin setiap bulan yang tidak terduga dapat dijalankan.

Pemakaian Kartu Kredit Perlu Waspadai

Kartu kredit sering menjadi incaran para milenial karena dengan beraneka ragam promo yang menggiurkan. Memiliki kartu kredit boleh saja, tetapi pemakaiannya anda perlu mewaspadainya.

Langganan Distop

Memang membuat hidup menjadi lebih praktis dengan layanan berlangganan online yang  banyak ditawarkan. Akan tetapi coba teliti lagi oleh anda, seberapakah anda sering menonton online, televisi kabel, atau parabola? Atau seberapa anda sering datang ke gym?

Jika sudah jarang ditonton televise berlangganan, alangkah baiknya hentikan langganan atapun paketannya dikurangi. Kalau anda pergi ke tempat gym sudah jarang, langganannya sebaiknya dihentikan. Lagi pula, hanya dengan datang dua minggu sekali ke tempat gym badan anda tidak akan terbentuk.

Kalau sekadar menjaga kebugaran hanya sebagai tujuannya, lebih baik membeli sepatu lari, dumbel, atau tali skipping/lompat tali. Menggunakan peralatan itu, anda tanpa perlu repot-repot datang ke gym dan bisa bugar setiap harinya.

Pilih Yang Tepat Provider Telepon

Untuk milenial sendiri salah satu pengeluaran bulanan terbesar adalah pemakaian internet dan telepon. Anda pilihlah provider telepon yang tepat guna menghemat budjet telepon. Sekarang ini banyak yang berlomba-lomba memberikan penawaran hemat yang menarik pada provider telepon.

Untuk menentukan provider dengan kebutuhan anda yang sesuai, dapat anda satu persatu di seleksi.

baca juga: Perbedaan KPR Syariah, KPR Bank Syariah, Dan KPR Konvensional

Budjet Ngopi Dipotong

Penting untuk dilakukan namun terkesan sepele. Dari kebutuhan lifestyle, sebagian besar pemasukan para milenial habis termasuk hanya nongkrong dan ngopi. Oleh karena itu, pengeluaran ngopi anda penting untuk dibatasinya.

Untuk nongkrong/ngopi batasi pengeluaran, semisal dalam sebulan cukup 1-2 kali saja. Alokasikan ke dana menabung untuk pengeluaran ngopi.

Berikan Tujuan Menabung

Menahan diri memang susah dari aksi konsumtif, apalagi jika dari sekeliling anda godaan datang. Untuk memperkuat ‘iman’ kita, anda capai dalam setahun atau dua tahun ke depan carilah rumah dengan DP yang masuk di akal. Bayangkan ini, kemudian:

Setiap tahunnya antara 5-25 persen harga rumah selalu meningkat. Apalagi sebelum cicilan lunas pun, dengan cara oper kredit harga yang lebih tinggi sudah bisa anda menjualnya. Untuk membeli rumah yang harganya lebih tinggi maka gunakan hasil untuk penjualan kembali ini, kemudian setelah beberapa tahun jual kembali. Terus menerus lakukan itu. Berapa keuntungannya jadi terbayangkan?

Tidak perlu mengincar rumah yang terlalu ideal dengan tinggi harganya, untuk anda yang belum mempunyai rumah. Nantinya anda bisa menjual rumah pertama saat keuangan anda lebih baik dan bisa meraup keuntungan yang tinggi, lalu kemudian gunakanlah guna membeli rumah idaman yang didambakan.

sumber artikel: rumah.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *