Tips Mendesain Rumah yang Menyenangkan Buah Hati

Tips Mendesain Rumah yang Menyenangkan Buah Hati – Pasti keamanan untuk seluruh penghuni rumah harus benar-benar diperhatikan ketika kamu mempunyai rumah. Apalagi jika ada penghuni balita (bayi lima tahun) dan lansia (lanjut usia) di rumah yang kamu punyai.

Untuk dad and mom, jika orang tua sama-sama bekerja harus kamu perhatikan keamanan untuk putra putrinya. Walaupun ada ART (asisten rumah tangga) ataupun pengasuh yang dapat dipercaya dan baik, tetapi kamu juga tetap waspada.

Perihal ini bertumpu pada tingkah laku buah hati yang mengeksplorasi dan ingin tahu ke segala bagian rumah. Anak ingin melangkah kemana saja yang sudah dapat berjalan, serta ingin memasukkan apa saja ke dalam mulut untuk  anak yang baru belajar makan.

Tentunya harus diawasi yang lebih ekstra untuk balita yang ingin mengeksplore rumah oleh orang tua, pengasuh, kakek nenek, serta yang lain. Selain itu, dad and mom supaya rumah menyenangkan untuk buah hati maka harus  membuat sejumlah pencegahan.

Yuk, simak seperti apa saja tips mendesain rumah menyenangkan bagi buah hati

1.  Pilih Barang yang Menyenangkan Buah Hati

Carilah barang yang menyenangkan dan aman untuk buah hati utamanya semisal tempat tidur, tempat mandi, kursi, dan yang lain. Perihal ini juga tergolong dalam mainan maupun warna-warni untuk anak-anak yang harus menyenangkan.

baca juga: 5 Cara Mudah Ketika Bulan Ramadhan Mengubah Interior Rumah

2. Pastikan Jangkauan Buah Hati Aman dari Stop Kontak

Biasanya stop kontak aman karena dari jangkauan anak-anak yang cukup tinggi, walaupun mungkin ada yang dibawah. Untuk itu yang perlu diperhatikan yaitu harus disingkirkan jika sambungan listrik yang diletakkan dibawah.

3. Sembunyikan Obat-obatan

Di rumah pastinya ada persediaan obat, mulai dari obat yang biasa missal flu, batuk, pusing, demam, bahkan obat yang digunakan jika kamu sedang terapi. Jangan sampai di meja makan ada obat yang ditaruh sehingga bisa diambil oleh buah hati dan bisa jadi ditelannya.

4. Simpan Barang Pecah Belah

Supaya buah hati tidak menjangkau barang pecah semisal gelas, piring, mangkok, dan lainnya maka simpan dulu barang tersebut. Dikhawatirkan jika ada barang yang pecah akan mengenai anak-anak bisa menyebabkan terluka.

5. Simpan Benda Tajam

Simpan benda tajam dari jangkauan anak pada tempatnya dan jauh seperti cutter, pisau, dan hingga jarum. Jangan sampai barang-barang tersebut dapat dijangkau anak-anak dari benda-benda yang tajam di meja atau rak.

6. Simpan Benda Yang Berukuran Kecil

Ada beberapa benda kecil yang bisa jatuh ke lantai serta bisa saja berserakan di meja baik itu koin maupun benda lainnya. Karena belum mengerti sering kali balita secara spontan memasukkan benda kecil ke dalam mulutnya.

7. Pada Tangga Pasang Pagar

Jika kamu mempunyai rumah dua lantai, maka segeralah memasang pengaman pagar agar anak tidak naik keatas. Perihal ini dapat dilakukan saat kamu maupun keluarga lainnya lengah sesaat untuk sebagai pencegahan.

8. Akses Keluar Pintu Rumah Dikunci

Untuk pintu keluar rumah ini merupakan hal yang sama dilakukan, karena anak bisa saja tergoda untuk main diluar makanya kamu harus mengunci pintu. Bisa saja balita membuka pintu karena sudah terbiasa melihat orang tuanya menutup dan membuka pintu.

9. Hati-hati Bahaya Tenggelam

Bukan hanya tenggelam di kolam renang potensi anak dapat tenggelam, namun bisa juga di bathtub, ember besar, maupun kolam ikan. Kamu harus bener-bener ekstra perhatian jika ada tempat berisi air dengan ketinggian balita.

baca juga: Strategi Untuk Investasi Membeli Rumah

10. Amankan Sudut Tajam di Rumah

Di rumah dengan sudut tajam ada sejumlah bagian seperti siku coffe table, dinding, dan lainnya. Dapat menyebabkan memar cukup parah jika anak terbentur pada bagian ini.

11. Pada Tangga Dipasang Lapisan Anti Licin

Kamu dapat memasang pada tangga lapisan anti licin, supaya saat anak dapat  memanjat pagar pada tangga tidak jatuh saat lalai diawasi. Agar anak-anak tidak gampang terpeleset maka kamu dapat memasang karpet atau material lain yang kesat.

12. Desain Kamar Mandi Kering

Dengan membuat kamar mandi kering supaya tidak mudah terpeleset para penghuni rumah seperti anak-anak dan juga lansia. Supaya ada bagian kamar mandi yang selalu kering kamu hanya perlu pasang tirai atau pintu kaca.

13. Pasang Pengaman Pada  Jendela

Jangan lupa pada jendela untuk dipasang pengaman supaya tidak dicoba dibuka oleh anak-anak. Ketika orang tua membuka jendela, anak sering melihat perilaku itu lalu dia pun tertarik mencoba untuk membukanya.

Mungkin itu saja beberapa tips mendesain rumah untuk buah hati, semoga bermanfaat.

sumber artikel: artikel.rumah123.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *