Perlu Ketahui Dulu Kelebihan & Kekurangan Genteng Kaca Atap Rumah!

Perlu Ketahui Dulu Kelebihan & Kekurangan Genteng Kaca Atap Rumah! – Sebagai atap rumah yang efektif dan pilihan tepat yaitu dengan memilih genteng kaca. Terkhusus untuk kamu yang suka dengan cahaya matahari masuk ke dalam rumah yang banyak. Kaca yang dibuat terbuat dari bahan yang kuat serta tahan lama, lebih-lebih sejalan dengan berkembangnya teknologi.

Tetapi mesti diketahui juga, yang harus dipertimbangkan dari beberapa hal sebelum untuk memakai genteng kaca sebagai atap maka benar-benar putuskan terlebih dahulu penggunaannya.

Maka dari itu, untuk digunakan sebagai atap rumah, yuk kita lihat terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari genteng kaca!

Kelebihan genteng kaca sebagai atap rumah

1. Banyak terdapat sinar matahari alami

Seperti material lainya dengan atap, untuk melindungi rumah dari segala macam cuaca merupakan kegunaan atap kaca. Perbedaannya, dapat melindungi rumah dari hujan melalui atap kaca, tetapi cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruangan dengan mudah tanpa terhalangi.

baca juga: Tips Mendesain Rumah Yang Menyenangkan Buah Hati

Karena transparan warnanya, membuat cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruangan melalui atap kaca, alhasil akibat efek cahaya dari lampu dapat menggantikan ruangan yang terang.

Lebih-lebih, dibandingkan dengan memakai lampu di dalam ruangan sinar matahari yang masuk bisa membuat cahaya tampak lebih alami.

2. Penggunaan listrik dapat dikurangi

Kamu dapat mengurangi penggunaan lampu, khususnya pada siang hari, sebab banyak sinar matahari alami yang bisa masuk ke dalam ruangan. Selain baik untuk kondisi keuangan keluarga, untuk lingkungan juga baik. Apalagi dengan hal itu kamu dapat lebih menghemat penggunaan listrik.

3. Untuk hunian minimalis merupakan desain yang sangat cocok

Sangatlah modern untuk bentuk genteng itu, alhasil untuk dipasang di rumah yang minimalis sangatlah cocok. Akan terlihat sangat indah untuk fasad rumah. Begitu pula saat memasuki ke dalam rumah. Berkat dari desain kaca itu hunianmu bakal tampak lebih indah, dan dari sinar matahari yang masuk.

4. Dapat menjadikan ventilasi tambahan

Pemasangan kaca di rumah ada banyak sekali metode. Mulai dari kanopi, geser, sampai yang permanen. Kalau kamu menentukan yang dapat digeser atap kacanya, bisa juga sekalian kamu menjadikan sebagai ventilasi rumah, alhasil di rumah kamu semakin lancer sirkulasi udaranya.

5. Membuat kesan pada ruangan menjadi lebih luas

Genteng kaca dapat secara maksimal sinar matahari alami masuk ke dalam rumah dengan baik. Saat cahaya yang maksimal masuknya, bisa Nampak dari ujung ke ujung sebab ruangan yang tampak lebih luas.

Kekurangan genteng kaca sebagai atap rumah

1. Dibandingkan dengan genteng material biasa harganya cukup mahal

Dari pada material batu bata maupun bahan bangunan lainnya, material kaca ini lebih mahal. Semakin mahal harganya jika kamu menginginkan tampilan kaca yang lebih transparan.

baca juga: Sharia Land – Beyond Sharia Property

Kalau kamu ingin mengurangi biaya, pilij dengan ukuran yang tidak dikostumisasi kaca yang dijual secara bebas. Tetapi, sedikit yang benar-benar ukurannya yang pas kacanya.

2. Wajib sesering mungkin dibersihkan

Karena transparan warnanya, jika mau selalu sempurna tampilannya maka kamu harus sering-sering bersihkan kaca. Apalagi di musin hujan, pastinya condong selalu kotor terus sehingga untuk membersihkannya dapat menjadikan PR baru bagi penghuni rumah.

3. Harga lebih mahal lagi kalau menggunakan balok kaca

Bisa juga pada atap rumah kamu ditambahkan balok kaca, sehingga menjadi lebih mewah lagi tampilannya. Tetapi pasti saja, untuk hal ini ada tambahan harga yang lumayan besar.

4. Dapat menyebabkan suhu ruangan sangat panas jika terlalu banyak sinar matahari

Benar sih, jika memasang atap kaca kamu menjadi lebih hemat listrik. Tetapi, jika kamu tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia ini pastinya kamu perlu pertimbangan yang matang sebab saat musim panas tiba, cuaca menjadi sangat panas sekali.

Belum lagi kalau terlalu terang sinar matahari yang masuk ke dalam rumah, bisa dapat di dalam ruangan mengganggu kegiatan yang lain.

5. Proses pengerjaan yang membutuhkan waktu yang lama serta susah konstruksinya

Proses pengerjaan dan konstruksi kaca yang membutuhkan waktu yang lama serta cukup rumit untuk membuatnya. Supaya hasilnya memuaskan diperlukan kalkulasi yang tepat. Jika sedikit saja salah, tidak hanya yang jelek tampilannya, tetapi juga keselamatan penghuni rumah yang berbahaya.

sumber artikel: artikel.rumah123.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *