Menjalin Networking Sangat Penting

Menjalin Networking Sangat Penting – Bagi seorang agen properti siapa sih yang menjadi pihak berkepentingan maupun stakeholder? Mudah jawabannya adalah semua orang. Maka dari itu, seorang broker dengan semua orang dapat dituntut bisa menjalin networking yang baik.

Dengan semua pihak agen properti harus dapat menjalin jejaring networking yang bagus dan dapat membina hubungan yang baik. Karena dengan hal ini dalam melakukan pekerjaannya bisa membantu agen properti.

baca juga: Perbedaan KPR Syariah, KPR Bank Syariah, Dan KPR Konvensional

Dalam bukunya yang berjudul The King of Property: 36 Secrets of Powerful Closing, Ir. Eddie Muljawan Soetedjo dalam hal tersebut semuanya dipaparkannya. Dia juga mengulas dalam hal menjalankan profesi sebagai agen properti memberikan kisah serta sejumlah tips.

Untuk agen properti dengan segelintir orang saja tidak bisa membatasi pergaulannya. Dia juga harus dapat bergaul kepada semua orang, tanpa terkecuali petugas keamanan, bahkan pelayan kantin, serta kepada yang lainya dapat berguna pada masa mendatang sebab merekalah yang mempunyai informasi pentingnya.

Eddie mengungkapkan jika agen properti harus menjalin hubungan yang baik dengan BPN (Badan Pertanahan Nasional), notaris dan PPAT (pejabat pembuat akta tanah), Dinas Tata Kota serta dengan sesama agen properti lainnya.

Pekerjaan agen properti mereka akan membantu. Selain itu dari broker juga harus mengetahui peruntukkan sebuah bangunan serta status kepemilikannya. Maka dari itu, di BPN dan Dinas Tata Kota dia wajib melakukan pengecekan. Custumer sendiri membeli properti itu tidak hanya untuk di tempati, tetapi juga guna keperluan bisnis.

Saat membeli properti ada sejumlah pembeli yang memilih menggukan kredit perumahan secara syariah. Dalam hal ini agen properti juga harus membina hubungan yang baik dan loyal terhadap kepercayaan konsumen.

baca juga: Punya Rumah Sendiri Itu Bahagia

Sama halnya terhadap notaris. Untuk membuat ketetapan hukum dalam transaksi properti membutuhkan keterlibatan notaris.

Dengan sesama agen properti hubungan baik pun juga harus dilakukan. Bukan tidak mungkin lagi, dalam konsumen menginginkan properti, tetapi malah yang memiliki listing properti yang diinginkan justru broker lain.

Eddie juga mengingatkan agar membina hubungan yang baik dengan penjual maupun pembeli dari pihak agen propertinya, walaupun setelah transaksi pembayaran usai. Ia juga terbiasa mengirimkan kartu ucapan selamat kepada klien ketika hari raya tiba, wisuda, pernikahan, kelahiran anak dan lainnya.

“Agen properti ngga menciptakan musuh. Ia juga jaringannya diperluas. (Ir. Eddie Muljawan Soetedjo CPA).

sumber artikel: artikel.rumah123.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *