Manfaat Investasi Untuk Kita Di Kehidupan Finansial

Manfaat Investasi Untuk Kita Di Kehidupan Finansial – Menjadi bagian dari gaya hidup kita sudah mulai merambah ke investasi. Apa sih maksud investasi itu? Investasi adalah kegiatan membeli suatu barang modal benda untuk massa mendatang yang fungsinya tidak digunakan saat ini, menurut ilmu ekonomi.

Mempunyai keuntungan di masa depan merupakan tujuan dari investasi. Ada 2 jenis dari investasi yaitu investasi residential, contohnya rumah dan investasi non residential, contohnya berupa mesin atau pabrik.

Investasi untuk aktivitas finansial

Sangat berkaitan pastinya antara investasi dan kehidupan finansial. Tujuan dari segi finansialnya jelas berbeda-beda dari masing-masing jenisnya. Jadi, jangan heran dengan tujuan finansial mereka dari yang setiap orang saat memilih jenis investasi yang di sesuaikan.

Misalnya saja seperti investasi properti rumah, tanah, ruko, dan toko. Karena setiap tahunnya harga tanah terus meningkat, maka investasi yang dipilih akan sangat menguntungkan adalah investasi tanah.

baca juga: Alasan Mengapa Memiliki Passive Income Itu Penting Untuk Kita

Karena semakin banyak jumlah permintaan rumah yang semakin meningkat ditambah lagi dengan jumlah laju pertumbuhan penduduk yang semakin banyak. jelas, yang paling realitanya diminati dan sangat dianjurkan adalah investasi jenis ini.

Secara finansial meskipun memiliki banyak tujuan, risiko selalu bisa menghantui saat berinvestasi. Jika seseorang gagal dalam usahanya dalam melakukan investasi, maka kerugianlah yang bakal di dapatkan, bukan keuntungannya.

Ada beberapa penyebab kegagalan dalam berinvestasi seperti faktor – faktor berikut ini contohnya bencana alam, penipuan, krisis moneter, personal dan lainnya.

Ciri-ciri investasi yang sehat

Investasi harus juga sehat, tidak hanya terlihat fisik saja loh! Sebenernya juga bisa dilihat dari dasar hukumnya investasi yang sehat itu. Berbagai macam jenisnya, harus memiliki badan hukum legal sah untuk investasi yang sehat.

Ketika investor untuk mendapatkan keuntungan finansial yang berkelanjutan serta sesuai dengan ketentuan itu merupakan investasi yang sehat. Akan tetapi, jika investasinya tidak sehat, maka bisa di pastikan yang di tanggung investor merupakan kerugian yang tidak sedikit/besar.

Tidak mau yang tidak sehat dan merugikan dalam memilih berinvestasi, berikut tips untuk memilih investasi yang sehat seperti dengan ciri-ciri seperti ini

  • Kuat dalam dasar hukum
  • Dapat menghasilkan potensi uang yang tinggi
  • Mekanismenya gampang di pahami
  • Investor banyak memilihnya
  • Masyarakat mempercayainya
  • Dari nasabah mempunyai testimony

Manfaat dari investasi pada aktivitas finansial

Investasi bermanfaat sangat penting untuk kehidupan finansial, secara umumnya. Manfaat besarnya presentase investasi tersebut bergantung pada dana yang diinvestasikan dari kita pribadi.

Beberapa manfaat dari investasi untuk aktivitas finansial kita seperti di bawah ini

1. Menambah potensi penghasilan

Menambah peluang penghasilan pasti dengan investasi. Seperti tutur Warren Buffet seorang investor ternama:

“ Jangan meletakkan telur di dalam satu wadah “

Artinya, penghasilan kita ketika di gunakan untuk berinvestasi maka kita juga harus melakukan diversifikasi investasi. Maka, ketika penghasilan saat waktunya di panen yang berasal dari berbagai sumber yang kita investasikan ( tidak hanya satu sumber saja). Sangat bervariasi pada jumlahnya tergantung pada nominal dan jenis investasi.

baca juga: Mendapat Profit Dari Investasi Properti Di Cikarang

2. wawasan tentang sumber dana menjadi luas

dari ranah bisnis biasanya seorang investor biasanya memiliki banyak link. sehingga pengetahuan wawasan tentang permodalan akan semakin tinggi dan sumber dana dengan demikian. Jika tentang sumber dana kita sudah mempunyai pengetahuan yang luas, di pastikan juga kemungkinan kita juga bisa handal menjadi seorang perencana keuangan.

3. Dalam mengeksekusi dapat meningkatkan kebijakan

jika investasi yang pada sebagian dana, serta bisa dapat mengeksekusinya dan mampu melakukan kebijakan maka di pastikan itu seorang investor yang handal. Semakin banyak juga kebijakan yang dapat diambil, lalu semakin panjang pula jangka waktu investasi.

4. Mengasah rasa percaya diri serta tanggung jawab

Jika kita melakukan investasi maka dapat menambah sikap rasa percaya diri dan tanggung jawab kita. Secara Finansial, terhadap keluarga mempunyai tanggung jawab terhadap keuangan, baik pribadi maupun perusahaan akan meningkat. Sedangkan, saat melakukan berinvestasi rasa percaya diripun juga terasah, terutama jika dalam usaha yang terkait investasi kita dapat terjun langsung.

Kehidupan finansial yang sukses dapat di berikan melalui investasi. Dengan investasi, kita dapat memiliki keuntungan yang lebih besar jika memiliki kesempatan selain penghasilan bulanan yang rutin. Jadi kesimpulannya adalah untuk memiliki kehidupan masa depan yang lebih baik maka lakukannlah berinvestasi sejak sedini mungkin.

sumber artikel: moneysmart.id

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *