Mana yang Lebih Baik antara Rangka Atap Baja Ringan Vs Kayu?

Mana yang Lebih Baik antara Rangka Atap Baja Ringan Vs Kayu? – Dimana sih yang lebih baik diantara baja ringan vs kayu? Keduanya memang dalam pembuatan atap rumah pasti paling banyak material yang biasa digunakan.

Dahulu, material yang sering digunakan adalah kayu, tetapi sekarang kayu sudah jarang digunakan lagi diganti oleh baja ringan yang semakin banyak diminati.

Mana sih yang lebih baik diantara keduanya?

Yuk, disimak dengan teliti!

Dilihat dari dampaknya untuk lingkungan, ini perbandingan atap baja ringan dengan kayu

Biasanya dengan memotong pohon yang ada material kayu bisa diperoleh. Dari waktu ke waktu persediaan pohon pun semakin menipis.

Sedangkan untuk baja ringan, terbuat dari campuran bahan-bahan yang masih banyak dijumpai maupun digunakan. Jika dari segi berkepanjangan yang dilihat, dibandingkan dengan baja kayu yang lebih ramah lingkungan.

baca juga: Perlu Ketahui Dulu Kelebihan & Kekurangan Genteng Kaca Atap Rumah!

Karena, biasanya terbuat dari material organik kayu itu, sedangkan untuk baja biasanya terbuat dari berbagai macan bahan logam padat yang dapat mencemari lingkungan sekitarnya.

Mana yang lebih murah atap rumah dari baja ringan dengan kayu dari segi harga?

Bandingkan saja saat baja ringan vs kayu, yang biasa sering muncul pertanyaan selanjutnya yaitu untuk perbandingan harganya.

Sebelum semakin menipis ketersediaannya kayu, dibandingkan dengan baja justru harga kayu jauh lebih murah.

Tetapi, untuk harga kayu mengalami kenaikan yang signifikan pada beberapa tahun belakangan ini. Sedangkan untuk baja yang masih gampang diperoleh, alhasil tidak mengalami kenaikan untuk harganya.

Sebagaimana dari segi penerapan dan pemasangan, untuk rangka baja ini cepat proses pemasangannya serta lebih mudah menerapkannya.

Maka untuk itu, semakin murah untuk biaya pengerjaannya.

Mana yang lebih berkualitas untuk perbandingan kekuatan kayu dengan baja?

Cenderung sangat rentan sekali untuk atap kayu terhadap rayap dan mudah keropos.

Maka dari itu, untuk memilih kayu anti rayap kamu harus mengeluarkan kocek yang lebih. Sedangkan untuk baja ringan biasanya terhadap rayap lebih tahan lama serta jika dibandingkan dengan baja biasa untuk baja ringan ini tidak gampang berkarat.

Untuk perbaikan darurat, lebih baik  memakai baja ringan atau kayu?

Lantas, macam mana kalau tiba-tiba ambruk atap rumah yang terbuat dari kayu serta kamu harus cepat-cepat memperbaikinya? Nah disini kamu harus segera putuskan untuk memilih baja ringan atau kayu saat kamu dihadapkan dengan kondisi seperti itu.

Walau bagaimanapun, rumah yang sedang ditinggali harus diperbaiki. Belum lagi, jika terjadi secara tiba-tiba kejadian atap ambruk yang tidak diduga dari awal.

Maka dari itu kamu untuk pengeluaran ini mungkin tidak persiapkan dana sebelumnya. Ada yang wajib dipikirkan secara matang-matang dengan beberapa pertimbangan.

Jika yang tersisa masih cukup kokoh untuk atap kayu, kemudian untuk beberapa kayu yang sudah rusak bisa kamu tambah dengan yang baru. Padahal, sebagai penguat untuk yang kondisinya yang sudah buruk diganti dengan kayu baru seperti pada pemasangan kayu gapit.

Tetapi jika kelihatan sudah rusak total dan sebagain besar sudah banyak yang keropos maka wajib diganti semua. Akan lebih bijak lagi jika mengganti atap rumah dengan baja ringan.

Karena, dari segi pemasangan material baja ringan lebih cepat dipasang, alhasil untuk membuat rumah kembali seperti semula tidak perlu menunggu terlalu lama untuk para penghuni rumah.

baca juga: 5 Alasan Mengapa Diminati Banyak Orang Rumah Syariah

Dari sisi harga pun, lebih murah sebab masih banyak baja ringan yang beredar di pasaran. Kalau opsi kedua yang kamu pilih, nantinya akan dihitung estimasi pekerjaan serta dihitung juga harga konstruksi tersebut oleh kontraktor.

Oleh kedua pihak setelah disetujui, maka pihak kontraktor bakal menggarap pekerjaan pembongkaran. Biasanya, tidak memakan jangka waktu yang lama untuk proses pengerjaaan pembongkaran ini.

Estimasi bisa sekitar 2 hari pengerjaan pembongkaran untuk rumah dengan luas 150m2. Setelah selasai proses pembongkaran, selanjutnya yaitu proses instal baja ringan.

Sebelum memilih, pertimbangkan terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan masing-masing antara atap rumah baja ringan vs kayu

Kesimpulannya, tergantung kondisi rumah merupakan jawabannya, saat kamu mau pertimbangkan antara baja ringan atau kayu. Karena, keduannya masing-masing mempunyai kelebihan serta kekurangan tersendiri.

Pastikan juga untuk bangunan rumahmu, kamu sudah melakukan riset kecil-kecilan guna mengetahui mana yang terbaik buat kualitas bahan bangunan hunianmu.

sumber artikel: artikel.rumah123.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *