Sulap Ruang Tamu Menjadi Lebih Nyaman dan Serbaguna

Sumber: idea.grid.id

Sulap Ruang Tamu Menjadi Lebih Nyaman dan Serbaguna – Ruang tamu menjadi salah satu ruang yang penting pada hunian. Ruang tamu tentu saja menjadi tempat untuk menerima tamu, dan sebagai ruangan bercengkerama dengan keluarga tercinta.

Namun, semakin berkembangnya zaman, kini fungsi ruang tamu menjadi lebih luas. Ruang tamu dapat dijadikan sebagai ruang untuk memasak, makan, hingga aktivitas lainnya. Ruang tamu yang mempunyai banyak fungsi ini disebut sebagai ruang tamu serbaguna.

Lalu, bagaimana cara membuat ruang tamu serbaguna, supaya ruang tamu dapat lebih efektif untuk berbagai aktivitas? Dikutip dari Kompas.com yang melansir dari Point2home, berikut cara untuk menciptakan ruang tamu serbaguna:

1. Konsep Ruang Tamu Serbaguna Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum membuat ruang tamu serbaguna adalah dengan membuat konsep dari ruang tamu serbaguna sederhana. Selanjutnya yang harus dilakuka adalah membuat pertimbangan luas dari ruang tamu, kemudian menentukan fungsi dari ruang tamu yang akan diterapkan, dan posisi atau letak setiap sudutnya.

Baca juga: 10 Cara menerapkan eco-house atau konsep rumah ramah lingkungan

Seperti, posisi televisi dan meja, furnitur lain seperti sofa, meja, dan karpet. Selanjutnya menentukan posisi seperti mesin cuci, dapur, dan ruang fungsi lainnya.

2. Menggunakan Furnitur Multiguna Langkah selanjutnya untuk membuat ruang tamu serbaguna, pilihlah furniture multiguna. Seperti misalnya, dengan menggunakan sofa multiguna yang bisa dijadikan sebagai tempat duduk untuk menonton televisi, dan dapat digunakan juga sebagai tempat tidur jika sofa tersebut dilebarkan.

Bahkan, dengan menambahkan meja lipat, sofa ini juga bisa dijadikan sebagai tempat duduk untuk belajar dan bekerja. Furniture modular merupakan cara terbaik untuk membantu ruangan Anda berubah dan multifungsi dalam sekejap.

Lemari tumpuk yang berfungsi ganda yang bisa dijadikan kursi, atau menjadi meja jika diperluas juga bisa dapat dipilih bila ingin mempunyai ruang tamu multiguna.

3. Ruang Serbaguna di Sudut Ruang Tamu Kelebihan dari ruang tamu serbaguna adalah dapat mempurmudah banyak orang untuk melakukan berbagai aktivitas. Sudut ruang tamu yang sebelumnya tidak terpakai untuk melakukan kegiatan sehari-hari, tapi sekarang sudut ruangan dapat digunakan seperti menjadi ruang belajar bagi anak-anak. Dengan memaksimalkan sudut pada ruang tamu, akan semakin banyak aktivitas yang bisa dilakukan di ruang tamu serbaguna.

4. Ruang Tamu Serbaguna Dengan Berbagai Fungsi Setidaknya harus memiliki dua fungsi dalam ruang tamu serbaguna. Berikut beberapa pilihan yang dapat dapat dipilih dan diterapkan:

a. Dapur dan Ruang Tamu Mungkin sering Anda lihat ruang tamu dengan dua fungsi ini yakni ruang tamu dan dapur. Dua gabungan ruangan ini termasuk dalam konsep klasik modern. Ruang daput dibuat berada di belakang ruang tamu, Anda dapat menikmati tontonan sembari membuat hidangan makanan di dapur selain hanya tontonan dan duduk santai saja.

Baca juga: Tips supaya rumah bebas dari virus dan bakteri dengan rutin bersih-bersih

Bahkan, Anda juga dapat menerapkan konsep ini dengan menambah fungsi lainnya seperti ruang makan, yang terletak tepat berada di tengah atau posisinya di antara dapur dan ruang tamu.

b. Kamar Tidur dan Kantor Akibat pandemic Covid-19, bekerja dari rumah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh banyak orang. Kombinasi kamar tidur dan kantor menjadi konsep utama hunian modern di masa mendatang. Kamar tidur pada ruang tamu serbaguna dapat digunakan juga sebagai kamar tidur untuk tamu atau kamar tidur sementara.

Anda juga dapat membuat ruang untuk bekerja yang berada di ruang tamu serbaguna itu. Hal ini bertujuan supaya tidak menurunkan semangat untuk bekerja walau di rumah.

c. Mudroom dan Ruang Laundry Selanjutnya, Anda dapat menambahkan fungsi dari ruang tamu serbaguna sebagai ruang mudroom atau sebagai ruang penyimpanan barang dan ruang untuk mencuci pakaian. Dengan adanya ruang penyimpanan ini, akan memudahkan Anda dalam menyimpan dan mengambil barang-barang yang dibutuhkan.

Saat mencuci pun akan menjadi lebih nyaman karena bisa sembari menonton televise atau mendengarkan music dari ruang tamu serbaguna.

d. Ruang Bermain dan Area Hiburan Terakhir adalah Anda bisa memaksimalkan fungsi ruang tamu menjadi kombo tiga sekaligus yakni ruang bermain, ruang tamu, dan area hiburan. Dengan menerapkan tiga fungsi sekaligus pada ruang tamu serbaguna, Anda akan membuat kebahagiaan antar penghuni rumah dan tamu secara bersamaan.

Anda bisa memasang bioskop pribadi pada ruang tamu serbaguna, dan ditambah sofa modular serta meja kopi.

Sumber artikel: Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *