Hal Yang Diperlukan Saat Merenovasi atau Membangun Rumah di Musim Penghujan

Sumber: edupaint.com

Hal Yang Diperlukan Saat Merenovasi atau Membangun Rumah di Musim Penghujan – Melakukan pembangunan rumah atau renovasi rumah bisa memerlukan waktu yang cukup lama. Ketika memasuki musim panas, proses pembangunan akan berlangsung cepat.

Namun, cuaca di Indonesia tidak dapat prediksi, cuaca yang sebelumnya cerah bisa seketika hujan. Saat cuaca panas proses pembangunan bisa dilakukan dengan cepat.

Lalu bagaimana jika cuaca berubah menjadi hujan atau ingin melakukan pembangunan saat musim penghujan. Tidak mudah untuk melakukan proses pembangunan ketika cuaca tiba-tiba berubah dan turun hujan.

Beberapa hal dapat dilakukan untuk mengantisipasi dan menyiasati ketika turun hujan supaya pekerjaan pembangunan dapat berjalan dengan lancar.

Dilansir dari Rumah123.com yang bisa dilakukan Berikut tips yang dapat dilakukan sebelum renovasi atau bangun rumah:

1. Memasang Atap Darurat Atap darurat dapat berguna untuk meindungi material bangunan yang bisa saja rusak akibat terkena air. Penggunaan atap darurat seperti terpal juga dapat melindungi proses pengejaan yang dilakukan oleh tukang agar tidak terkena air.

Baca juga: Cara melakukan investasi properti

2. Mencari Tahu Jenis Material Bangunan Anda harus mengetahui karakteristik material bangunan yang Anda gunakan. Ada beberapa material bangunan seperti semen yang tidak bisa terkena air, dan hal tersebut harus disiasati.

3. Memilih Material yang Tepat Ketika membangun rumah saat musim penghujan, Anda bisa mencari material yang tepat seperti menggunakan cat yang mudah kering.

Anda bisa memilih material lain yang bisa dipasang cepat tanpa memerlukan sinar matahari lebih sehingga bisa menghemat waktu.

4. Memiliki Tempat Menyimpan Material Bangunan Ada beberapa material bangunan yang tidak tahan air, Anda harus mempunyai tempat penyimpanan yang tahan air.

Bisa diantisipasi dengan menutupnya dengan terpal untuk material yang tidak bisa terkena air dan taruh material tersebut di area yang tidak terkena air.

5. Material Dibeli Secara Berharap Untuk mengantisipasi agar material tidak terkena air, Anda bisa membeli material bahan bangunan secara bertahap.

Seperti misalnya membeli material hanya untuk digunakan selama dua tiga hari saja, sehingga mudah dalam penyimpanan bahan material.

6. Memantau Perkembangan Cuaca Mengunduh aplikasi BMKG (Badan Mateorologi, Klimatologi, dan Geofisika) pada telepon pintar Anda. Karena Anda tidak bisa hanya mengandalkan tukang untuk memantau.

7. Mencari Tahu Lokasi Rumah Aman dari Aliran Air Perhatikan rumah Anda ketika turun hujan, untuk memastikan apakah aliran air melewati lahan yang sedang dibangun. Pastikan bahwa air hujan mengalir berada di jalur yang aman.

8. Pastikan Tidak Ada Genangan atau Aliran Air Untuk mengantisipasi bisa dilakukan dengan membuat parit kecil supaya material tidak terkena air.

Hal ini juga dapat dilakukan jika terdapat genangan air yang bisa merusak material, karena bisa jadi saat turun hujan ada air yang menggenang.

9. Memasang Alat Untuk Keamanan Jika Anda sedang membangun rumah dua atau tiga lantai, pastikan Anda sudah dipasangkan alat. Jika tidak ada, pastikan bahwa area bekerja tukang aman saat turun hujan dan tidak terkena petir.

Baca juga: Trik belajar dan bekerja dari rumah bersama anak

10. Membuat Prioritas Kerja Supaya tidak terkendala oleh hujan, sebaiknya membuat prioritas kerja. Seperti mengutamakan pembangunan struktur, dan kemudian mengerjakan bangunan fisik rumah yang bisa dikerjakan dengan cepat.

11. Pengelolaan Waktu Ketika turun hujan, Anda bisa mengatur jadwal kerja tukang dengan mencicil pekerjaan pada dalam rumah seperti merapikan lantai dan dinding.

12. Pilih Tukang yang Berpengalaman Tukang yang berpengalaman sudah terbiasa untuk menyiasati pekerjaan. Mereka sudah mengantisipasi saat cuaca mendung dan sudah mengetahui akan mengerjakan hal lain.

13. Mempersiapkan Dana Cadangan Cuaca penghujan bisa menunda pengerjaan renovasi atau pembangunan rumah. Renovasi atau pembangunan yang tertunda dapat menambah biaya lebih.

14. Mengutamakan Keselamatan Sebaiknya hentikan pengerjaan jika terjadi hujan deras dan angin kencang. Karena dapat membahayakan para pekerja, jika terjadi hal yang tidak diinginkan dapat membuat pekerjaan semakin lama.

15. Tunda Pekerjaan Resiko yang bisa saja terjadi ketika Anda melakukan renovasi atau pembangunan rumah di saat musim penghujan. Ketika terjadi hal-hal seperti di atas bisa mengakibatkan penundaan pekerjan.

Langkah-langkah di atas bisa Anda lakukan saat merenovasi atau membangun rumah saat kondisi cuaca tidak mendukung atau di saat musim penghujan.

Sumber artikel: artikel.rumah123.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *