4 Metode Membangun Hunian Bebas Banjir

Sumber: homify.co.id

4 Metode Membangun Hunian Bebas Banjir – Setiap tahunnya di Indonesia menjadi ancaman nyata banjir untuk perumahan. Dalam mengatasi banjir banyak cara di mulai dari dinding anti banjir sampai konsep rumah panggung pada pembangunan rumah.

Pasti menjadi perhatian banyak orang, banjir yang baru-baru ini terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Mencari solusi menjadi hal yang paling dicari utamanya dalam pencegahan banjir pada daerah itu.

Tetapi, tentu saja akan hal ini bisa disebabkan oleh banyak aspek yang menjadi persoalan. Faktor utama penyebab banjir di suatu wilayah di mulai dari cuaca bahkan drainase.

Tetapi ternyata dapat dilakukan dalam pembangunan rumah untuk mencegah dampak buruk dari banjir. Dengan desain anti banjir sekarang ini mulai banyak orang yang membangun rumah.

Sejak lama konsep ini dipercaya sudah ada. 5 metode membangun rumah yang anti banjir di bawah ini adalah:

Dinding pencegah banjir

Membangun dinding di sekeliling rumah merupakan salah satu cara bisa anda terapkan guna menangkal banjir. Untuk menghalangi banjir masuk ke dalam rumah fungsi dari dinding penangkal banjir ini.

Pastinya kokoh dan tahan air dengan material yang dipakai. Maka dari itu dalam jangka waktu yang cukup lama terhadap terjangan banjir dengan dinding dapat tahan lama.

Baca juga: Rancangan hunian kokoh dan mewah di lahan seluas 6×15 meter

Dapat dibangun dengan dinding itu bisa membentuk lingkaran pada sekeliling rumah. Karena fungsi hampir sama dengan pagar, alhasil tetap mempunyai keindahan yang bagus secara visual.

Di daerah itu bisa disesuaikan dengan tinggi rata-rata banjir pada ketinggiannya.

Air banjir dibiarkan masuk

Pasti cukup berbeda dengan cara ini dari sebelumnya. Namun tanpa merusak properti rumah dengan alih-alih menangkal banjir justru anda dapat membiarkannya masuk.

Perihal ini bisa meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh banjir dengan cara itu. Contohnya memakai material yang kuat dan menggunakan lantai, serta pastikanlah terbuat dari bahan yang kuat dan aman pada furnitur dengan mengurangi pemakaian kayu.

Jika kamu berada di wilayah yang sering banjir bisa memakai metode ini. Untuk menghindari kerugian yang cukup besar akibat dari banjir, ini merupakan cara yang paling efektif.

Kunci dari metode ini yaitu rumah mempunyai saluran pembuangan yang baik, selain dari memilih material bangunan serta perabotan yang cocok. Ketika hujan reda supaya air banjir yang masuk bisa secepatnya surut.

Ketinggian rumah ditingkatkan

Cara yang paling ampuh untuk mencegah rumah terhantam banjir yaitu dengan cara meninggikan rumah. Maka rumah dengan ukuran cukup tinggi merupakan pilihan yang tepat jika anda mau membangun hunian di wilayah yang sering terkena banjir musiman.

Baca juga: Tips investasi tanah dijamin anti rugi yang aman serta menguntungkan!

Ketika banjir datang, tidak akan kemasukan air banjir pada rumah anda. Tentunya perihal ini untuk melindungi barang-barang dan rumah anda menjadi cara pencegah yang paling aman.

Memakai konsep rumah panggung merupakan cara paling umum untuk meninggikan rumah. Sebagai penyangga rumah dengan menggunakan tiang-tiang yang cukup tinggi.

Biasanya dibagian bawah dibuat secara berongga dan kosong. Tetapi ada yang memanfaatkannya di sebagaian besar orang dipakai untuk gudang ataupun tempat parkir.

Kedap air di rumah

Anda dapat membuat rumah yang kedap air, jika tidak memungkinkan guna memasang dinding pelindung ataupun membangun rumah yang tinggi. Anda dapat membangun dinding rumah yang kedap air maupun dengan memasang sealant.

Lalu di tempat-tempat yang mengizinkan dilewati oleh air banjir semisal di pintu dan jendela dapat dibuat kedap air oleh anda. Aslinya rumah yang kedap air pada dasarnya tidak dapat masuk ke dalam rumah air banjirnya.

Pastinya membutuhkan detail yang banyak dan desain yang sesuai pada pembangunannnya. Tetapi menjadi pilihan yang paling tepat sekali dengan cara ini untuk anda yang tidak dapat memakai metode-metode sebelumnya.

Sumber artikel: rumah.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *