5 Alasan Kenapa Orang Terjebak Kemiskinan

Pernah bertanya-tanya kenapa banyak orang yang sepertinya tersangkut dalam kemiskinan? Apa sih yang menjadi penyebab hal seperti ini? Apa memang sudah nasib? Atau kah ada alasan yang bisa kita hindari agar tidak menjadi dalam golongan tersebut.

Alasan 1 : Keyakinan yang salah mengenai kekayaan

“Uang akar kejahatan”, “Orang kaya tidak bahagia”, “Orang kaya banyak musuhnya”, dan seterusnya.. Keyakinan semacam ini sebenarnya ditanamkan ke diri mereka sebagai alasan untuk tidak berusaha mengubah nasib. Pemikiran seperti ini baiknya dibuang jauh-jauh agar kita tidak terjebak dalam mentalitas orang miskin.

Sebagai orang muslim, kita diminta untuk menunaikan zakat dan juga menunaikan ibadah haji. Dua dari lima rukun Islam dapat kita jalankan saat kita berkecukupan. Jadi hati-hati terhadap mentalitas miskin ya..

Ingat, nabi besar kita Nabi Muhammad SAW juga orang kaya loh!

Alasan 2 : Tidak Punya Tujuan dan Rencana Keuangan

Pola pikir “biarkan arus kehidupan membawaku” membuat orang tidak punya tujuan jelas dalam hidup. Padahal tujuan bisa membuat orang termotivasi untuk berusaha sukses. Bila hidup dijalani tanpa tujuan yang jelas, Anda hanya buang-buang waktu dan masa depan Anda juga tidak akan jelas. Kalau sudah begini bagaimana mau berusaha meningkatkan taraf hidup?

financialAwareness1 5 Alasan Kenapa Orang Terjebak Kemiskinan

Sebaiknya dalam hidup kita punya pegangan, punya target yang jelas. Semakin detil semakin baik. Misalnya, “saya ingin punya kebebasan finansial di umur 27 tahun.”

Lalu pecah lagi tujuan besar itu menjadi tujuan yang lebih kecil dan lebih mudah dicapai. Semakin detil semakin baik. Jadi bila Anda mendapatkan uang, Anda sudah punya rencana penggunaan uang itu yang sesuai dengan tujuan Anda.

Alasan 3 : Mudah menyerah

Banyak orang yang ingin sekali menjadi kaya namun mudah menyerah untuk mencapai tujuan itu. Berdoa dan meminta keberuntungan untuk mendapatkan sesuatu tanpa adanya usaha tidak akan berhasil. Untuk sukses dalam hal apa pun, termasuk secara finansial, usaha adalah kuncinya.

Ada juga yang sudah berusaha namun menyerah juga pada akhirnya karena mereka kurang motivasi. Saat usaha mereka bertemu masalah, mereka menggagalkan usahanya.

Ingat, keberuntungan itu dibentuk dari usaha yang berulang.

Alasan 4 : Tidak Memiliki Financial Awareness

Financial awareness adalah kesadaran seseorang terhadap kondisi perekonomian sendiri. Orang yang memiliki financial awareness sadar akan pentingnya investasi, mempersiapkan rencana untuk masa pensiun, dan mengontrol setiap pemasukan dan pengeluaran.

Sebaliknya, mereka yang tidak memiliki financial awareness biasanya hidup dari gaji ke gaji, bahkan tidak sadar sudah terjebak hutang karena pengeluaran tidak terkontrol (karena menggunakan kartu kredit misalnya).

Mereka tidak punya pemikiran panjang mengenai kondisi ekonomi mereka di masa datang.

financialAwareness1 5 Alasan Kenapa Orang Terjebak Kemiskinan

Orang yang tidak memiliki financial awareness ini akan tetap miskin, atau bisa jadi jatuh miskin. Sangat penting bagi orang-orang untuk mengetahui posisi keuangan mereka ada di mana.

Alasan 5 : Lingkungan yang Kurang Baik

Sama seperti pohon kelapa yang berbuah banyak di pantai dan jelek pertumbuhannya di negara bersalju, lingkungan mempengaruhi pola pikir kita. Lingkungan dipenuhi orang-orang bermental miskin kemungkinan besar mempengaruhi kita agar mempunyai mentalitas miskin juga.

Bila Anda merasa lingkungan Anda termasuk yang kurang baik, tidak mendukung pertumbuhan finansial, ada cara agar Anda terbebas.

Bergabung lah dengan komunitas yang cerdas secara finansial. Banyak komunitas peadagang, atau komunitas yang mempelajari pendidikan finansial. Atau Anda juga bisa mencari guru yang bisa membimbing dan memotivasi Anda untuk mencapai kemampuan finansial yang lebih baik.

Mendengarkan orang sukses di bidangnya bisa memotivasi Anda untuk maju. Membaca artikel ini dan artikel sejenis juga merupakan langkah awal yang baik.

Menjadi miskin itu bukan takdir, namun pilihan. Jika memilih menjadi kaya, Anda yang harus berusaha untuk mencapainya dengan selalu menginvestasikan diri Anda untuk berkembang dan belajar mengenai hal-hal baru.

Sharia Land memiliki visi untuk membantu pemberdayaan umat melalui properti syariah yang bisa mendatangkan passive income dan juga melalui konsep mentoring bisnis online.

Diharapkan para pembeli unit di Sharia Land bisa mendapatkan penghasilan yang wah dan cetar membahana. Sehingga bisa membahagiakan keluarga dan mengangkat derajat kaum muslim.

Segera amankan unit pilihan Anda dan bergabung dengan keluarga besar Sharia Land untuk membangkitkan perekonomian ummat.

 

Facebook Comments

1 thought on “5 Alasan Kenapa Orang Terjebak Kemiskinan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *