Lokasi Favorit Para Pencari Rumah Di Masa Pandemi Ini

Sumber: ekonomi.bisnis.com

Lokasi Favorit Para Pencari Rumah Di Masa Pandemi Ini – Akibat Pandemi yang terjadi setahun belakangan ini, masyarakat menjadi sadar dan terdorong untuk memiliki rumah. Sebab sistem bekerja dari rumah atau work from home (wfh) yang memaksa masyakarat menghabiskan waktu untuk bekerja dan beraktivitas hanya berfokus di rumah, membuat masyarakat sadar akan pentingnya rumah yang lebih berkualitas.

Dilansir dari Kompas.com, menurut Country Head Rumah.com Marine Novita, keinginan masyarakat akan rumah merupakan yang tertinggi dalam tiga tahun terakhir. Rasio Loan to Value/Finance to Value (LTV/FTV) yang diberikan pemerintah menjadi 100 persen, dengan kata lain uang muka yang harus dibayarkan 0 persen.

Baca juga: Gampang! inilah trik mengetahui harga tanah di suatu lokasi

Menjadi alasan peningkatan pencarian rumah semakin meningkat. Pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk hunian ready stock dengan maksimal harga Rp. 2 Milyar, menjadi alasan kuat meningkatkannya keinginan dalam membeli rumah.

Rumah.com mensurvei 1.078 responden, dari hasil survei tersebut sebanyak 53% pencari rumah berencana untuk membeli rumah di tahun ini atau satu sampai dua tahun ke depan. Lokasi di luar Jabodetabek menjadi pilihan lokasi hunian. Jawa Barat menjadi lokasi yang paling banyak diminati yakni sebanyak 42 persen memilih provinsi Jawa Barat sebagai lokasi hunian mereka.

Yogyakarta menjadi wilayah ke dua yang diminati yaitu sebanyak 27 persen memilih kota Gudeg ini menjadi pilihan. Selanjutnya Jawa Tengah menyusul Yogyakarta dengan total 19 persen memilih untuk membeli hunian di Provinsi Jawa Tengah. Lokasi terakhir yang dipilih oleh masyarakat adalah Bali sebanyak 17 persen.

Baca juga: Desain denah terbuka pada rumah

Alasan Jawa Barat menjadi wilayah favorit banyak orang karena daerah ini banyak daerah-daerah baru berkembang, seperti Sawangan (Depok), Bekasi, dan Bogor. Ditambah banyak pengembang terpadu yang dibutuhkan oleh masyarakat berada di lokasi ini.

Penetrasi pengembang dengan skala besar dan juga proyek pembangunan infrastruktur menjadi pertimbangan konsumen dan memilih sebagai wilayah favorit untuk membangun hunian. Seperti di Bekasi dan Cikarang yang banyak dibangun infrastruktur dan masuk dalam proyek strategis nasional (PSN) ditambah dengan hadirnya industri multinasional.

Misalnya saja Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Light Rail Transit (LRT), dan pembangunan transportasi lainnya yang menjadi daya tarik wilayah tersebut.

Sumber artikel: kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.