7 Cara Mengatur Keuangan Agar Bisa Beli Rumah Idaman

Sumber: rumah.com

7 Cara Mengatur Keuangan Agar Bisa Beli Rumah Idaman – Mempunyai tempat tinggal merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang. Walau demikian, rumah bukan barang yang dapat dibeli dengan anggaran yang sedikit.

Untuk mempunyai tempat tinggal pribadi atau rumah, perlu mempersiapkan anggaran hingga ratusan bahkan miliaran rupiah. Banyak milenial memilih untuk mengurungkan niat mereka untuk membeli rumah karena anggaran yang dikeluarkan semakin meningkat setiap tahunnya.

Memiliki rumah harus diperjuangkan karena rumah menjadi kebutuhan primer dan aset yang kedepannya sangat bernilai. Dilansir dari Rumah123.com, agar dapat tercapai memiliki rumah pribadi, perlu membuat anggaran beli rumah.

Lalu, bagaimana cara mengelola keuangan khususnya dalam melakukan perencanaan gaji?

Ada beberapa cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mewujudkan rumah idaman Anda.

Baca juga: Atasi atap rumah yang bocor saat musim hujan

1. Menggunakan Rumus 1234 Dalam Pengelolaan Uang Financial Planner menganjurkan untuk menggunakan rumus 1234 dalam pengelolaan uang. Rumus 1234 ini dapat membantu siapa saja agar tidak terjadi kesalahan dalam pengeturan keuangan alias lebih besar pasak daripada tiang.

Rumus ini memiliki pedoman dengan 10% untuk investasi, 40% operasional, 30% untuk membayar cicilan, 20% disimpan untuk tabungan dan dana darurat.

2. Menentukan Anggaran Dana yang Sudah Dimiliki Saat ingin membeli rumah, sudah pasti mengatur keuangan merupakan hal yang wajib diketahui.

Anggaran dana dapat merujuk dalam dua hal, yaitu untuk membeli rumah secara tunai maupun KPR jangka panjang. Mengatur keuangan perlu sangat diperhatikan, saat ini untuk melakukan DP rumah dibutuhkan 20% dari total nilai jual rumah.

Jika sudah membuat anggaran, keuangan keluarga pun tidak akan terganggu.

3. Mengatur Keuangan dengan Penghasilan Tambahan Bila sulit menerapkan uang dengan rumus 1234, bisa coba mencari penghasilan tambahan atau pekerjaan sampingan.

Lihat kembali waktumu yang tersisa dan masih bisa digunakan untuk kerja sambilan. Bisa manfaatkan sisa waktu itu untuk kerja sambilan. Perhatikan kembali berapa waktu yang biasa digunakan setiap harinya, jika masih memiliki waktu luang manfaatkan waktu luang itu dengan kegiatan produktif dan menghasilkan.

Penghasilan tambahan bisa didapatkan dari bakat, ataupun hobi yang dapat menghasilkan, sehingga akan mudah dan menyenangkan untuk digeluti.

4. Pengelolaan Uang Keluarga Tanpa Hutang Cara selanjutnya untuk mengelola keuangan, sebaiknya hindari untuk berhutang, terutama berkaitan dengan gaya hidup hedonisme.

Seperti mengikuti tren terkini, sebaiknya fokuskan pengeluaran keuangan untuk mewujudkan impian memiliki rumah idaman. Jika memiliki kartu kredit, gunakan kartu kredit tersebut hanya untuk membeli barang-barang yang memang dibutuhkan saja.

5. Mengurangi Biaya Hidup Mengatur keuangan menjadi hal yang sangat solutif untuk mewujudkan rumah idaman. Tidak ada salahnya mengurangi biaya untuk gaya hidup, selain mengelola perencanaan keuangan.

Baca juga: 8 Gagasan gorden rumah rumah yang minimalis terbaik

Seperti halnya, makan yang menjadi kebutuhan primer. Kebutuhan tersebut dapat sesuaikan dengan menghemat mengurangi keinginan untuk makan di restoran mewah. Dengan menghemat biaya untuk makan sehari-hari dapat menjadi alternatif untuk mengelola keuangan keluarga.

6. Membuat Target Dalam Mengelola Keuangan Keluarga Cara mengatur keuangan tidak lepas dari target dan waktu, tidak hanya sekedar mengumpulkan uang saja.

Rencanakan waktu sesuai dengan target sampai terkumpul untuk biaya DP ataupun untuk membayar secara tunai. Tentukan batas waktu mulai dari enam bulan sampai dengan dua tahun. Hal tersebut dapat memotivasi untuk selalu menghasilkan uang lebih.

7. Mengendalikan Uang Simpanan Selain mengendalikan tabungan, rencanakan keuangan dengan mengendalikan simpanan. Pengelolaan keuangan dapat dialihkan ke dalam bentuk investasi seperti reksadana, deposito, maupun asuransi yang berjenis unit link.

Bila memiliki satu dari simpanan tersebut, akan memudahkan dalam mewujudkan rumah idaman.

Tujuh hal tersebut dapat Anda praktikkan dalam mengelola keuangan untuk mewujudkan rumah idaman.

Sumber artikel: rumah123.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.