7 Cara Dari Rumah Membayar PBB Online Yang Paling Praktis

Sumber: 99.co

7 Cara Dari Rumah Membayar PBB Online Yang Paling Praktis – Sekarang, dalam pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kamu tidak usah repot lagi. Karena, tanpa keluar rumah kamu dapat membayar PPB secara online.

Untuk membayar PBB secara online ada beragam cara yang dapat dilakukan oleh kamu. Dimulai dari berbagai aplikasi online sampai dari situs resmi milik pemerintah.

Berikut ini jika kamu masih bingung ada tujuh cara bayar PBB online dari berbagai sumber yang dilansir.  

1. Tokopedia

Sekarang, untuk mempermudah dalam pembayaran PBB ada e-commerce seperti tokopedia yang sudah bekersama dengan pemerintah. Kamu juga dapat dengan mudah  mengecek berapa tagihan PBB selain dari pembayaran saja.

Berbagai pilihan yang ditawarkan untuk pembayaran sudah bervariasi, di mulai dari OVO sampai mobile banking. Kemudian, pilihlah ‘Tagihan dan Top-Up’ setelah itu klik ‘Pajak PBB’.

Baca juga: Benda yang dapat melukai anak di rumah

Pilihlah daerah pajak PBB serta memasukkan ‘Nomor Objek Pajak’ yang 18 digit jumlahnya. Guna memperoleh detail pembayaran pajak pilihlah tahun pembayaran dan klik ‘Bayar’.

Lalu, untuk menyelesaikan pembayaran, kamu dapat memilih metode pembayaran. Dari email yang terdaftar akan dikirim bukti pembayaran.

2. Traveloka

Traveloka juga sudah bekerjasama dengan pemerintah, selain Tokopedia. Dari aplikasi ini juga, kamu dengan cicilan tanpa kartu kredit ataupun Paylater dapat membayar PBB.

Walaupun, ada beberapa metode pembayaran lain yang ada seperti debit instan, ATM, bahkan UANGKU. Membuka aplikasi Traveloka merupakan hal pertama yang wajib kamu lakukan. Pada halaman utama aplikasi pilih ‘Bills dan Top-up’ yang ada lalu klik ikon PBB. Pastikan daerah bangunan, pilih tahun pembayaran, serta masukkan Nomor Objek Pajak (NOP).

Kemudian, bakal muncul berapa yang harus dibayarkan jumlah tagihannya. Dengan memilih sesuai metode pembayaran, lalu kamu melanjutkan transaksi. Dari emailmu akan dikirimkan bukti pembayaran secara langsung.

3. Blibli

Melalui aplikasi Blibli, kamu bisa melakukan pembayaran pelunasan PBB. Pertama, bukalah aplikasi Blibli kalau yang belum punya boleh download dulu di Google Play Store lalu di dalam kategori pilih menu ‘PBB’.

Setalah itu, masukkan nomor objek pajak, tahun pajak, serta kota/provinsi. Untuk melihat jumlah yang perlu dibayarkan dengan mengklik ‘Lihat tagihan’. Kamu bakal menerima bukti pelunasan dari email setelah melakukan penyelesaian pembayaran.

4. Link Aja

Melalui dompet digital LinkAja, kamu dapat membayar PBB online. Tentunya sangatlah mudah caranya, pada halaman utama aplikasi kamu hanya perlu klik menu ‘Lainnya’.

Lalu, menu ‘Pajak’ di klik serta pilihlah menu PBB Bogor. ‘Nomor Objek Pajak’ di masukan dan transaksi kemudian diselesaikan sesuai dengan besaran nominal yang wajib dibayar.

5. GoPay

Sekarang, dapat dilakukan dengan GoPay untuk pembayaran PBB. Pilihlah pembayaran pajak PBB setelah kamu sudah membuka aplikasi GoPay. Setelah itu, kamu bakal diarahkan guna pilih pembayaran sesuai dengan domisili baik kota maupun kabupaten.

Baca juga: Investasi properti supaya nilainya terus naik inilah 5 strareginya

Dengan saldo GoPay milikmu masukkan nomer objek pajak milikmu dan selesaikan transaksi.

6. Website resmi

Laman resmi milik pemerintah merupakan cara pertama guna membayar PBB secara online. Tetapi, di setiap daerah harus terlebih dulu mengecek situs pajak resmi.

Carilah dengan ketika kata kunci “pbb online (nama daerah)” di mesin pencarian google. Kemudian, untuk mengecek pajak bakal diarahkan ke halaman tertentu. Masukkan tahun pajak dan Nomor Objek Pajak (NOP) milikmu.

Biasanya bakal ada permintaan kode verifikasi sebelum informasi yang kamu cari muncul. Jika sudah diperoleh informasi, pergilah ke tempat pembayaran elektronik yang disediakan untuk membayar pajak.

Bisa dari ATM, internet  banking, sampai mobile banking. Sesudah selesai melunasi PBB maka simpanlah bukti pembayaranmu.

7. Aplikasi resmi

Untuk membayar PBB online tidak hanya dari situs resmi saja, sekarang ini juga ada aplikasi resmi yang diluncurkan pemerintah. Tetapi, hanya bisa di download aplikasi ini dari Google Play oleh pemakai android yang bernama Ipbb.

Jika sudah diinstal oleh kamu, kamu dapat memakai aplikasinya serta bisa memasukkan tahun pajak dan NOP. Pada layar ponselmu maka akan muncul informasi yang dicari.

Setelah itu, kamu dapat melakukan pembayaran dari teller, internet banking, mobile banking, dan ATM. Namun, hanya dibeberapa daerah saja aplikasi ini bisa berfungsi.

Nah itulah yang dapat kamu lakukan dari rumah tujuh cara bayar PBB online.

Sumber artikel: artikel.rumah123.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.