Pilihan Pendingin Udara Untuk Rumah Selain Dari AC

sumber: bacateruscom

Pilihan Pendingin Udara Untuk Rumah Selain Dari AC – Alat pendingin yang paling populer yaitu air conditioner atau biasanya disebut dengan AC. Di negara tropis sendiri terutama di Indonesia fungsi dari pendingin udara AC adalah guna mengatur suhu udara sehingga sangat diminati dan merasa lebih nyaman. AC untuk pendingin utama yang diandalkan banyak rumah.

Tetapi, ada bahaya untuk kesehatan yang mengancam di balik banyaknya penggunaan AC. Diperkirakan AC pada pernafasan manusia yang dapat menjadikan beberapa penyebab berbagai macam gangguan.

Lain dari itu, ada yang sangat memprihatinkan dari AC yang dapat mengakibatkan beberapa penyakit yang berbahaya karena di AC dapat menjadi penyebar kotoran, bakteri, dan virus jika tidak dibersihkan.

Pemakaian AC yang berlebihan tentunya dapat berdampak buruk untuk lingkungan, selain berbahaya bagi manusia. Ternyata menjadi salah satu kontributor penyebab global warming dari kandungan freon yang berfungsi sebagai bahan utama pendingin udara.

Tentunya perihal ini pada kondisi lingkungan di bumi pasti dapat memberi efek buruk yang cukup rumit.  Oleh karena itu anda pasti memerlukan alternatif yang sesuai, seiring dengan permasalahan lingkungan dan kesehatan organ pernafasan yang dikarenakan dari AC.

baca juga: 6 kelebihan dan 6 kekurangan rumah kekinian dengan atap baja ringan

Sudah mulai diproduksi pendingin ruangan yang lebih baik dari dampak kesehatan serta segi kualitas. Dapat menjadai alternatif pengganti AC, inilah beberapa contoh pendingin ruangan diantaranya adalah:

1. Swamp Cooler

Sebagai pendingin ruangan di dalam rumah swamp cooler bekerja dengan cara menguapkan air. Dapat menurunkan suhu udara rumah dengan cara kerja alat ini sebab menjadi lebih lembab kondisinya.

Udara lebih terasa lebih segar dari sebelumnya karena udara yang kering di campurkan dengan air yang sudah diuapkan. Biasanya pendingin udara ini mudah dipindahkan ke beberapa tempat serta mempunyai bentuk persegi.

Dalam mendinginkan rumah, alat ini pendingin ruangan ini mempunyai keunggulan dari aspek keefisiennya. Dalam waktu yang lumayan cepat swamp cooler bisa menurunkan suhu rumah.

Alat ini juga tidak membutuhkan material pendingin yang lumayan berbahaya semisal bahan yang ada di AC, persis dengan kipas angin. Alat tersebut juga sangat mudah dibersihkan dan cukup rendah untuk tingkat kebisingannya.

2. Exhaust Fan

Anda dapat menempatkan di ruangan atau kamar lainnya, jika biasanya di pasang di dapur untuk exhaust fan. Pada saluran ventilasi atau jendela rumah rata-rata alat ini dipasang.

Tujuannya di dalam ruangan untuk mensirkulasikan udara. Supaya udara yang ada di ruangan lebih sejuk dan segar karena memperoleh udara dari luar. Tetapi guna menghilangkan udara panas exhaust fan ini cukup efektif, walaupun sepintas kelihatan mirip dengan kipas angin.

Baca juga: Persiapan membeli rumah untuk generasi milenial

Maka dari itu anda pasti dapat memperoleh udara dengan takaran oksigen yang lebih kaya dan jauh lebih segar. Tetapi pastikan ketika mensirkulasikan udara alat ini dapat bekerja secara baik.

3. Kipas Angin

Mungkin kipas angin lebih dahulu muncul daripada AC. Sudah lumayan lama juga alat pendingin ini ada guna mendampingi keluarga kita di rumah. Untuk mendinginkan ruangan di dalam rumah hasil dari angin yang dikeluarkan sudah cukup besar.

Biasanya tercantol dimana anda menaruhnya, ada beragam jenis kipas angin ini. Ada desktop, kipas dinding, bahkan kipas angin plafon.Harga yang murah ini yang merupakan letak dari keunggulan dari kipas angin. Dengan harga yang sangat terjangkau ini anda dapat membeli kipas angin dibanding dari AC.

Kipas angin juga tidak mempunyai gas refrigeran yang dapat menimbulkan bahaya jika bocor serta lebih ramah lingkungan dan juga aman. Kemudian kipas ini juga mudah dibawa kemana-mana sebab dapat diletakkan dengan gampang sesuai keinginan dan kebutuhan anda.

Sumber artikel: rumah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.