Sunah Rasul yang Sesuai Doa Masuk dan Keluar Rumah

Sunah Rasul yang Sesuai Doa Masuk dan Keluar Rumah – Saat melakukan segala aktivitas disetiap waktu, dalam ajaran agama islam seseorang diwajibkan untuk berdoa.  

Dimulai dengan doa dari sejak bangun tidur, makan, bahkan sampai ke kamar mandi, entah itu ketika kita di dalam rumah ataupun saat keluar rumah, dan akan sangat bermanfaat bagi umat muslim pada setiap kegiatan yang dilakukannya.

Ketika didalam rumah, bagi rumah yang dihuni banyak amalan penting yang dapat membuka kebaikan setiap waktunya, yaitu doa masuk ataupun doa keluar rumah.

Bagi umat muslim kedua doa itu adalah yang sangat dianjurkan sunah rasul serta lebih-lebih banyak manfaatnya.

Amalan yang sangat dianjurkan untuk umat muslim dengan membaca doa masuk serta keluar rumah

Ada sejumlah doa yang bagus guna dibaca, agar diberi keberkahan dan kebaikan bagi rumah yang dihuni untuk sesama umat manusia. Mulai dari berdoa ketika masuk rumah, keluar rumah serta saat mempunyai rumah baru dengan membaca doa masuk rumah baru, di antaranya berikut ini adalah:

baca juga: Dosa Riba Itu Ngeri Banget!!!

Doa Masuk Rumah

Sebelum masuk kedalam rumah, ucapkanlah salam terlebih dahulu ketika akan memasuki rumah sesuai dengan anjuran dari Rasulullah SAW.

Tujuannya supaya kebaikan serta keberkahan yang diperoleh bagi setiap orang yang mengucapkan salam maupun untuk tuan rumah yang didatanginya.

Selain merupakan Sunnah untuknya juga dengan membaca doa masuk ke dalam rumah berikut ini:

بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا، وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا، وَعَلَى رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا، ثُمَّ لِيُسَلِّمْ عَلَى أَهْلِهِ

“Bismillahi walajnaa wa bismillahi kharajnaa wa-alallaahi rabbina tawak-kalnaa”

Artinya: “Dengan nama Allah, kami masuk (ke rumah), dengan nama Allah, kami keluar (darinya) dan kepada Tuhan kami, kami bertawakkal”.

Keutamaan Doa Masuk Rumah

1. Mendapat keberkahan

Setelah selesai dari bekerja, ketik membaca doa masuk ke rumah akan mendapatkan keberkahan dan kebaikan yang akan mendatangi rumah. Entah itu dari diri sendiri, ataupun untuk keluarga.

Yang dimaksud keberkahan disini adalah tidak diukur hanya dari materi yang ada saja, tetapi bisa juga dari kesehatan, dikelilingi orang-orang baik, maupun dilindungi dari bencana.

2. Menghindari gangguan setan

Tidak hanya dapat memperoleh keberkahan satu-satunya, doa masuk ke rumah dapat memberikan selamat dan terhindar bagi keluarga kita dari gangguan setan.

Selain dari gangguan setan yang dapat terhindar, akan memberikan manfaat untuk keluarga kita jika membaca doa masuk ke dalam rumah yaitu malaikat baik akan datang ke rumah kita dan selalu menjaga dari ganggun apapun.

3. Melindungi dari segala macam bahaya

Tidak hanya yang terjadi di luar rumah saja ancaman yang serius, tetapi bisa juga terjadi yang dapat membahayakan diri kita dan keluarga di rumah. Maka dari itu, dengan mendoakan rumah sendiri dapat mencegah dari segala macam bahaya yang bisa terjadi pada keluarga maupun di rumah kita.

Doa keluar rumah

Banyak sekali kemungkinan yang bisa terjadi di rumah ketika meninggalkan rumah, tentunya dalam diri kita ada kecemasan diluar.

baca juga: Wajib Dibaca Supaya Berkah, Doa Membangun Rumah Menurut Islam!

Di saat mencari rezeki untuk mengurangi rasa cemas, dengan membaca doa keluar rumah yaitu secara langsung bermanfaat dan hal yang penting buat diri kita.

Maka dari itu, ketika keluar rumah sunah untuk seorang kaum muslimin guna membaca doa keluar rumah berikut ini:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

“Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Doa masuk rumah baru

Salah satu anjuran dari Rasulullah SAW yaitu doa masuk rumah baru, sebab ketika mampu membeli rumah baru bagi keluarga maka nikmat allah itu yang harus kamu syukuri.

Agar selalu menghampiri rumah baru kita amalan keberkahan serta kebaikan, surat Al-Kahfi ayat 39 adalah salah satu surat yang diamalkan untuk rumah baru, dengan sebagai berikut ini bacaannya:

وَلَوْلَآ إِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَآءَ ٱللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِٱللَّهِ ۚ إِن تَرَنِ أَنَا۠ أَقَلَّ مِنكَ مَالًا وَوَلَدًا

Walau lā iż dakhalta jannataka qulta mā syā`allāhu lā quwwata illā billāh, in tarani ana aqalla mingka mālaw wa waladā

Terjemah Arti: Dan mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu “maasyaallaah, laa quwwata illaa billaah (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan.

Selain surat tersebut dibaca, tidak ada salahnya di rumah baru kita membaca ayat suci Al-qur’an setelah sholat.

Dengan melaksanakan doa masuk dan keluar rumah, bukan hanya keberkahan saja yang didapatkan, tetapi mendatangkan juga rejeki yang baik dari Allah SWT.

sumber artikel: artikel.rumah123.com




Leave a Reply

Your email address will not be published.