10 Model Desain Lokasi Berwudhu di Rumah

10 Model Desain Lokasi Berwudhu di Rumah – Banyak orang yang di rumahnya dengan beragam alasan mempunyai musola dengan berbagai macam ukuran. Karena jarak dari rumah ke masjid yang terlalu jauh maupun kamu ingin secara rutin solat berjamaah dengan anggota keluarga lain.

Ataupun untuk solat wajib saat kerabat atau teman yang sedang datang, kamu ingin memudahkannya dalam hal beribadah. Kalau kamu di rumah sudah mempunyai musola, kini waktunya untuk memiliki tempat untuk berwudhu yang dekat musola.  

Situs properti sharialand.co.id bakal membahas tentang model desain lokasi berwudhu yang terbaik di rumah.

1. Desain Lokasi Berwudhu Yang Dekat Dengan Musola

Seharusnya di rumah jika membuat lokasi berwudhu harus dekat dengan musola yang ada. Lebih baik hanya lima meter jarak maksimalnya. Jangan sampai dia harus berjalan cukup jauh untuk mencapai musola setelah orang selesai berwudhu.

Maka dari itu, agar lokasi berwudhu berdekatan dengan musola lalu bagaimana caranya kamu harus melakukan renovasi. Tetapi, jangan sampai cipratan air bisa masuk ke musola karena jarak lokasi berwudhu yang dekat dengan musola.

2. Sesuaikan Model Lokasi Berwudhu dengan Musola

Jangan sampai bertabrakan antara model lokasi berwudhu dengan musola, maka dari itu ada baiknya untuk di sesuaikan lokasinya. Tetapi paling tidak ada desain yang sama, walaupun lokasi berwudhu mempunyai jarak dengan musola.

baca juga: Agar Tidak Terlilit Utang Dari KPR Rumah Perhatikan 4 Hal Ini

Ada kesamaan sehingga tidak terkesan berlainan baik material, tekstur, maupun warna pada ketiga bagian ini.

3. Dari Lokasi Berwudhu ke Musola Hindari Cipratan Air

Alangkah baiknya supaya cipratan air tidak masuk ke musola agar lokasi berwudhu dengan musola mempunyai jarak yang cukup. Jika jaraknya terlalu dekat, maka upaya untuk mencegah hal tersebut mau tidak mau kamu wajib melakukan jalan tengah.

Untuk mencegah cipratan air masuk ke dalam musola bisa saja kamu membuat pintu yang berukuran kecil.

4. Hindari Lokasi Berwudhu yang Berada di Dalam Kamar Mandi

Karena keterbatasan ruangan, ada beberapa orang yang menempatkan lokasi berwudhu di dalam kamar mandi. Perihal ini seharusnya dihindari apalagi jika ada toilet karena kamar mandi itu belum tentu suci dari kotoran najis.

Bisa saja wudhunya batal karena kamu tidak tahu jika di lantai kamar mandi ada sisa kotoran.

5. Pikirkan Drainase Lokasi Berwudhu

Pikirkan drainase lokasi berwudhu jika musola digunakan untuk solat lima waktu serta juga solat sunah oleh para anggota keluarga setiap harinya. Setiap waktu air kran yang digunakan akan terus mengalir airnya karena terus dibuka tutup saat untuk berwudhu.

Jika tidak dipikirkan dengan baik drainase air yang ada, bisa jadi ada genangan air karena saluran air mampet.

6. Pada Dinding Lokasi Berwudhu Pasang Keramik

Maka dari itu pada bagian tembok pasanglah keramik karena setiap harinya ciprataan air akan mengenai dinding tembok. Setiap harinya bisa jadi akan terus mengenai dinding jika tembok tidak dilapisi keramik anti cipratan.

Maka ini dapat menjadikan dinding kotor dan lokasi wudhu menjadi berlumut membuat tidak bagus dilihat oleh mata.

7. Pertimbangkan Untuk Anak kecil, Orang Tua, dan Para Difabel

Guna pertimbangkan lokasi berwudhu maka jangan lupa mempermudah aksesnya supaya mudah dilalui oleh anak kecil, para difabel, dan orang tua. Barangkali, tidak ada anggota keluarga yang tergolong difabel maupun jarang sekali tamu difabel.

baca juga: Punya Rumah Sendiri Itu Bahagia

Tetapi, pikirkan mereka juga jika kamu mempunyai anak, orang tua, keponakan, dan juga mertua. Untuk melaksanakan berwudhu jangan sampai mereka terpeleset setelah melakukan wudhu.

8. Sebaiknya Tidak Sama Akses Dari Tempat Wudhu ke Musola

Ini hal biasa saja ya. Jangan sampai akses jalan yang sama yang dilalui dari tempat wudhu ke musola. Kok begitu? Setelah berwudhu, kamu masih dalam kondisi yang suci. Lantas bagaimana jadinya jika akses jalan saja masih kotor?

Tetapi, jika kamu telah berwudhu namus harus jalan yang kotor dilalui ya artinya sama juga bohong dong.

9. Membuat Desain Duduk pada Lokasi Berwudhu

Pernah lihat desain duduk dengan desaian lokasi berwudhu? Beberapa masjid sudah ada yang mendesainnya. Jika lokasi berwudhu lantainya licin, kamu bisa saja terpeleset. Pastinya hal ini sangat berbahaya.

Tentunya desain duduk pada lokasi berwudhu bisa mempermudah untuk anak-anak maupun orang tua ketika berwudhu.

10. Lokasi Berwudhu Dirancang dengan Baik Pencahayaannya

Di lokasi berwudhu ini jangan lupa pasang pencahayaan yang baik entah itu memakai lampu ataupun secara alami. Ketika berwudhu dan berjalan menuju musola pastikan di lokasi wudhu pasang lampu LED yang terang supaya orang dapat melihat.

Tentunya berbahaya kalau tempat wudhu malah gelap sehingga orang tidak bisa melihat akses ke musala.

Pastinya berbahaya karena orang tidak dapat melihat jalan ke musola jika lokasi berwudhu masih gelap.

sumber artikel: artikel.rumah123.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *